1.Jelaskan
apa yang dimaksud nagara bangsa dan masysrakat
Negara adalah suatu daerah atau wilayah yang ada dipermukaan bumidimana
terdapat pemerintahan yang ekonomi,politik, sosial,budaya, pertahaan keamannan
dan lain sebagainya.Didalam suatu Negara minimal terdapat unsure-unsur Negara
seperti rakyat,wilayah yang berdaulat serta pengakuan dari negaralain
Bangsa adalah suatu komunitas etnik yang cirri-cirinya adalah memiiki nama
wilayah tertentu,mitos leluhur bersama,kenangan bersama,satu atau beberapa
budaya yang sama dan solidaritas tertentu. Bangsa juga merupakan doktrin etika
dan filsafat, dan merupakan awal dari ideology nasionalisme.
Masyarakat adalah Sejumlah manusia yang merupakn
satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan kepentingan yang
sama.Seperti:sekolah,keluarga,perkumpulan,Negara semua adalah masyarakat
2.Bagaimana
tahapan –tahapan dalam pembentukan
Untuk
konstutif disebut juga unsure pembentuk maksudnya adalah unsure mutlak yang
harus dipenuhi untuk berdirinya suatu Negara
a.
Rakyat (sebagai penghuni Negara )yang mempunyai cita-cita”/bersatu.
b,
Wilayah dengan memiliki batas-batas tertentu.
c,pemerintah
yang berdaulat.
Unsure
deklaratif atau unsure pernyataan
Unsure
ini berwujud adanya pengakuan dari Negara lain
Unsure
deklaratif ini merupakan unsur yang masyarakatnya supaya Negara baru tersebut
dapat mengadakan hubungan dengan Negara lain
a.Penduduk
yang tetap(rakyat)
b.Daerah
tertentu (wilayah)
c.Pengakuan
(deklaratif) &kemampuan untuk berhubungan dengan Negara lain.
3.Bagaimana
konsep bangsa yang dianut oleh Indonesia
Konsep
kebangsaan Indonesia asli memperolrh acuannya secara ideologis dalam pancasila
dan secara kontitusional dalam UUD1945 serta organic diatur baik UU Nomor 3
Tahun1946 UU Nomor 62 Tahun 1958 dan UU Nomor 12 Thun 2006.itu berarti
bahwasemua penyelesaian mengenai konsep bangsa Indonesia Asli haruslah bertitik
tolak darai konsep tentang bangsa yang terkandung dalam pancasila
maupunUUd1945.Dalam konsep tersebut jelas bahwa perngertian tentang bangsa atau
nation Indonesia tidak sama dengan pengertian bangsa dalam artiras atau
etnik,bahasa,golongan, maupun agama, sebagai konsep Bangsa Indonesia Asli tidak
didasarkan atas ras,etnik, bahasa tertentu,agama tertentu,kesamaan
kepentingan,ataupun batas-batas alamiah yang dapat dilihat pada peta.
4.Mengapa
bela Negara menjadi hak dan kewajiban bagi setiap warga negara
Berdasarkan
UUD 1945 pada pasal 30 tertulis bahwa”Tiap-tiap warga negar berhak dan wajib
ikut serta dalam usah pembelaan Negara”dan”Syarat-syarat tentang pembelaan
diatur dengan UU”Jadi sudah pasti mau tidak mau kita ikut serta dalm
membela Negara dari segala macam ancaman
gangguan tantangan dan hambatan baik yang dating dari luar maupun dari dalam.
Beberapa dasar hokum dan hokum
5.jelaskan
kaitan unsur-unsur kerangka dasar kehidupan nasional
1.Pancasila
sebagai Falsafah idelogi dan dasar Negara
RI
Bangsa Indonesia dalam hidup bernegara
telah memiliki suatu pandangan hidup bersamayang bersumber pada akar budaya dan
nilai-nilai religiusnya yang terkristalisasi dalam pancasila.
2.UUD1945
sebagai Landasan Konstitusional
UUD1945 adalahhukum dasar yang
tertulis.Sebagai hokum makaUUD1945 bersifat mengikat bagi pemerintah,lembaga
Negara,lembaga masyarakat,setiap warga Negara Indonesia.Sebagai
hokum<UUD1945 berisi norma,aturan-aturan atau ketentuan-ketentuan yang harus
dilaksanakan dan ditaati
3Wawasan
Nusantara sebagai Wawasan nasional
Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional Indonesia merupakan cara pandang bangsa Indonesia untuk menyamakan persepi visi dan motivasi dalam rangka
menjamin persatuan dan kesatuan serta kepentingan nasional dalam rangka
pencapaian cita-cita nasional Indonesia
yangmerdeka,berdaulat, ada dan makmur.
4.Ketahaan
nasional sebagai pendekatan konsepsional
Ketahaan nasional adalah kondisi dinamik
bangsa,meliputi segenap aspek kehidupan yang terintergrasi berisi keuletan
danketangguhan yang mengndungkemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi
mengatasi dan me4ngatasi segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan.
6.Jelaskan
apa yang dimaksud dengan pendidikan kewarganegaraan!
Pendidikan
kewaraganegaraan : Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar pada masa
dating dapat menjadi patriot pembela bangsa dan Negara
7.Kemukakan
dengan jelas kaitannya antara pendidikan kewarganegaraan dengan pengalaman
sejarah bangsa Indonesia
sampai tahun 60 an
Dengan
mengikuti pendidikan kewarganegaraan para pemuda mahasiswa dihadapkan
dapatmembentuk sikap positif dengan kesetiaan dan pengabdian
Ikut serta dalam upaya pembedaan Negara dan
bangsa untuk melanjutkan upaya
pembangunan yang telah dilakukan oleh generasi yang lebih tua.
8.Adakah
kaitan Pkn dengan kelangsungan hidup bangsa dan Negara Indonesia
Adanya
pendidikan kewarganegaraan diserenggarakan untuk membekali para mahasiswa
selaku calon pemimpin dimana depan dengan kesadaranbela Negara serta kemampuan
berfikir secara komprehensif integral dalam rangka ketahaan nasional kesadaran
bela Negara berwujud sebagai kerelaan dan kesediaan melakukan upaya untuk
kelangsungan hidup bangsa dan Negara melalui bidang profesi.
9.Kemukakan
isi pasal UUD’45 yang berkaitan dengan pendidikan kewarganegaraan Indonesia
1.Tujuan
dan espirasi bangsa Indonesia
tentang kemerdekaan yang tercantum pada alenia ke2 dan ke4 pembukaaqn UUD1945
2.Hak
dan kewajiban setiap warga Negara untuk ikut dalam pembelaan Negara yang
tercantum pada pasal30 ayat UUD1945
10.Apa
yang dimaksud dengan pendidikan pendahuluan Negara.Apa hubungannya dengan pendidikan
kewarganegaraan
Pendidikan
pendahuluan bela Negara adalah pendidikan pembelaan Negara yang mencakup
membela kepentingan bangsa dan Negara
diberbagai bidang ketuhanan(Geo,SKA,Demografi,Ideologi) dalam upaya mencapai
tujuan nasional berdasarkan pancasila dan uud 1945
Hubungan
pendidikan pendahuluan belanegara deangan pendidikan kewarganegaraan yaitu
pedidikan pendahuluan bela Negara termasuk pendidikan kewarganegaraan.Dengan
demikian mata kuliah pendidikan kewarganegaran merupakan sarana pengembangan
kepribadian mahasiswa sebagai warga dan selanjutnya menjadi penutup dalam
menerpkan ilmu yang dituntut serta dalam mengabdian diri melalui bidang profesi
masing-masing
11.Tujuan
pendidikan kewarganegaraan salah satunya ialah menumbuhkan kesatuan bela Negara
dan kemampuan berfikir secara komprehensif integral
Kemampuan
bela Negara yaitu kerelaan dan kesedian melakuan upaya untuk kelangsungan hidup
bangasa dan Negara melalui bidang profesi
12.jelaskan
pula apa yang dimaksud berfikir secara komprehensif integral
Kemampuan
berfikir secara komprehensif integral adalah kemampuan untuk berfikirtentang
suatu dalam kaitannya dengan keseluruhan
Contoh:
Jika kitra melihat suatu peristiwa
dimasyarakat kita tidak memandang peristiwa itu menurut pandangan individu /
kepentingan bersama yaitu kepentingan masyarakat/bangsa dar berbagai aspek
13.Apa
sebabnya setiap Negara perlu memiliki wawasan nasional
Bangsa
perlu memiliki wawasan nasional karena dalam perjuangan mencapai cita-cita
bangsamemerlukan wawasan nasional yauitu cara pandang terhadap diri lingkungan
tanah airnya
14.jelaskan
hubangan antara wasantara dan tannas
Wawasan
nusantara segai wawasan nasional Indonesia
memerlukan penjabaran tujuan nasional yang telah diselenggarakan dengan kondisi
posisi dan potensi goegrafis Indonesia
dan merupakan pedoman pola piker serta pola tindak dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional
Oleh
karena itu penerapan-penerapannya wawasan nusan tara
menampilkan wajah/dimensinya sebagai wawasan nasional yang dilandasi konsep
tatanan naisonal merupakan pola dasar pembangunan nasional sebagai wawasan
pertahanan keamanan dan sebagai wawasan kewilayahan
15.jelaskan
3sifat sishankamrata
1Sifat
kerakyatan yaitu keikut sertan seluruh rakyat Indonesia sesuai dengan kemampuan
keahlian
2.Sifat
kesemestaan yaitu seluruh daya bangsa dan Negara maupun memolisasikan diri
untuk menghadapiATHG
3.Sifat
kewilayahan yaitu setiap titil dalam wilayah RI merupakan tumpuan perlawanan.