Merupakan
dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia termasuk
perilaku belajar.Kekuatan mental penggerak tersebut dapatberupa keinginan
perhatian kemauan cita-cita.
Komponen utama motivasi
1.
Kebutuhan : Terjadi bila individu
merasa ada ketidak seimbangan antara apa
yang dimiliki dan apa yang dirasa.
2.
Dorongan: merupakan kekuatan mental
untuk melakukan kegiatan dalam rangka memenuhi harapan.
3.
Tujuan : Merupakan hal yang ingin dicapa
oleh individu
Maslow
1.
Kebutuhan fisiologi : Berkenaan dengan
kebutuhan pokok manusia seperti pangan,sandang dan perumahan.
2.
Kebutuhan akan perasaan aman : Berkenaan
dengan keaman yang bersifat fisikdan psikoligis
3.
Kebutuhan sosial : Berkenaan dengan
perwujutan berupa diterima dengan orang lain
4.
Kebutuhan akan penghargaan diri
:Berkenaan dengan jati diri yang khas berkesempatan maju dan pemilihan harga
diri.
5.
Kebutuhan untuk aktualisasi diri
:Berkenaan dengan kebutuhan individu untuk menjadi sesuatu yang sesuai dengan
kemampuan
Mc.cleand
1.
Kebutuhan akan kekuasaan ,terwujud dalam
keinginan mempengaruhi orang lain
2.
Kebutuhan beraklitiasi ,terwujud situasi
bersahabat dengan orang lain
3.
Kebutuhan berprestasi,terwujud dalam
keberhasilan melakukan tugas yang dibebankan
Komponen motivasi
Dorangan
(menurut Hull) motivasi berkembang untuk
memenuhi kebutuhan organisme merupakan sistem yang memungkinkan organisme dapat
memelihara kelangsungan hidupnya kebutuhan-kebutuhan organisme merupakan
penyebab munculnya dorongan-dorongan akan mengaktifkan tingkah laku
mengembalikan keseimbangan fisiologi organisme tingkah laku organisme terjadi
disebabkan.
Jenis motivasi
1.Motivasi primer : Motivasi yang didasarkan
pada motif-motif dasar yang umumnya dari segi biologis atau jasmani manusia.
* Insting yang
penting : memelihara, mencari, makan, melarikan diri, berkelompok,
mempertahankan diri, rasa ingn tahu, membangun , kawin
2.Motivasi sekunder (sosial),motivasi
yang timbul oleh faktor sosial
Pengaruh perilaku manusia
a.Afektif : motif emosional
b.Kognitif : Aspek
intelektual
c.Konatif :Kemauan dan
kebiasaan bertindak
Menurut penelitian,kesuksesan
seseorang 70% dari emosional quetion (EQ) menurut Tomas motivasi sekunder ada 2 dan znanjeck
1.memperoleh pengalaman baru
2.Untuk mendapatkan respon
3. Memperoleh pengakuan
4.Memperoleh rasa aman
MARX
1.Kebutuhan organisme seperti motif ingi tahu
memperoleh kecakapan berperstasi
2.Motif –motif sosial seperti kasih sayang
kekuasaan dan kekuasaan dan kebebasan.
Perilaku motif sekunder
1. Adanya
sikap
2. Emosi
3. Adanya
pengetahuan yangdipercaya
4. Kebiasaan
5. Kemauan
Unsur-unsur yang mempengaruhin
motivasi
1.cita-cita/aspirasi
jiwa
2.kemauan
siswa
3.kondisi
siswa (jasmani & rohani)
4.kondisi lingkungan siswa (sekolah keluarga
&masyarakat)
5.
unsur dinamis dalam belajar & pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar