PRINSIP-PRINSIP
PTK
} Berkelanjutan. PTK merupakan
penelitian berkelanjutan secara siklustis.
} Integral. PTK merupakan bagian
integral dari konteks yang diteliti.
} Ilmiah. Diagnosis masalah berdasar
pada kejadian nyata.
} Motivasi dari dalam. Motivasi untuk
memperbaiki kualitas harus tumbuh dari dalam.
} Lingkup. Masalah tidak dibatasi pada
masalah pembelajaran di dalam dan di luar ruang kelas.
KARAKTERISTIK
PTK
} PTK bersifat situasional, yaitu
berkaitan dengan upaya mendiagnosis masalah dalam konteks tertentu, yaitu di
kelas dalam sekolah dan berupaya menyelesaikannya dalam konteks tersebut.
} PTK merupakan upaya kolaboratif
antara guru dan siswanya, yaitu satu satuan kerja sama dengan perspektif
berbeda, bisa juga antara guru dan kepala sekolah.
} PTK bersifat self evaluative yaitu
kegiatan modifikasi praktis yang dilakukan secara kontinu, dievalusi dalam
situasi yang terus berjalan, dengan tujuan ahirnya ialah untuk perbaikan dan
peningkatan dalam praktek nyatanya.
} PTK bersifat luwes dan menyesuaikan,
artinya prosedur PTK disesuaikan untuk bekerja di kelas.
} PTK memanfaatkan data pengamatan dan
perilaku empiric. PTK menelaah ada tidaknya kemajuan. Sementara PTK dan proses
pembelajaran terus berjalan, informasi-informasi dikumpulkan, diolah
didiskusikan dan direleksikan.
} Keketatan ilmiah PTK agak longgar.
PTK merupakan antithesis dari desain penelitian eksperimental yang sebenarnya,
sifat sasarannya situaional-spesifik, tujuannya pemecahan masalah praktis,
sampel populasinya terbatas dan tidak representative, sehingga temuan-temuannya
tidak dapat digeneralisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar