PENGALAMAN ADALAH SESUATU HAL YANG SANGAT BERHARGA

Jumat, 22 Maret 2013

PENGERTIAN PTK



}  Menurut Hopkins (1992), PTK atau classroom action research (CAR) merupakan salah satu jenis penelitian tindakan yang bersifat praktis, sebab penelitian ini menyangkut kegiatan yang dipraktekkan guru sehari-hari.

}  Ebbut (1985) menjelaskan bahwa PTK merupakan studi yang sistematis yang dilakukan dalam upaya memperbaiki praktek-praktek dalam pendidikan dengan tindakan praktis serta refleksi dari tindakan tersebut.

}  Kemmis dan McTaggart (1982) menggambarkan PTK sebagai suatu proses yang dinamis dari keempat aspek, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi harus dipahami sebagai momen-momen dalam bentuk spiral. 

}  Kurt Lewin menekankan pentingnya kolaborasi dan partisipasi yang bersifat demokratis dalam penelitian tindakan. Lebih lanjut dikatakan bahwa penelitian tindakan adalah penelitian yang merupakan suatu rangkaian langkah-langkah (a spiral of steps). Setiap langkah terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. 

}  McNiff (1992) memandang PTK sebagai bentuk penelitian reflektif yang dilakukan guru sendiri, yang hasilnya dapat dimanfaatan sebagai alat untuk mengembangkan kurikulum, pengembangan sekolah, pengembangan keahlian mengajar dan sebagainya. 

}  Berdasarkan beberapa definisi PTK di atas, dapat disimpulkan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan guru di kelasnya sendiri dengan cara merencanakan, melaksanakan (tindakan), mengamati (observasi) dan merefleksikan tindakan secara sikluistik,  kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

}  Terdapat beberapa jenis penelitian tindakan, dua diantaranya adalah penelitian tindakan perorangan (individual action research) dan penelitian tindakan kelompok (collaborative action research). Penelitian tindakan termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang dikumpulkan dapat bersifat kuantitatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar