} Menurut Hopkins (1992), PTK atau
classroom action research (CAR) merupakan salah satu jenis penelitian tindakan
yang bersifat praktis, sebab penelitian ini menyangkut kegiatan yang
dipraktekkan guru sehari-hari.
} Ebbut (1985) menjelaskan bahwa PTK
merupakan studi yang sistematis yang dilakukan dalam upaya memperbaiki
praktek-praktek dalam pendidikan dengan tindakan praktis serta refleksi dari
tindakan tersebut.
} Kemmis dan McTaggart (1982)
menggambarkan PTK sebagai suatu proses yang dinamis dari keempat aspek, yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi harus dipahami sebagai
momen-momen dalam bentuk spiral.
} Kurt Lewin menekankan pentingnya
kolaborasi dan partisipasi yang bersifat demokratis dalam penelitian tindakan.
Lebih lanjut dikatakan bahwa penelitian tindakan adalah penelitian yang
merupakan suatu rangkaian langkah-langkah (a spiral of steps). Setiap
langkah terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi.
} McNiff (1992) memandang PTK sebagai
bentuk penelitian reflektif yang dilakukan guru sendiri, yang hasilnya dapat
dimanfaatan sebagai alat untuk mengembangkan kurikulum, pengembangan sekolah,
pengembangan keahlian mengajar dan sebagainya.
} Berdasarkan beberapa definisi PTK di
atas, dapat disimpulkan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan guru di
kelasnya sendiri dengan cara merencanakan, melaksanakan (tindakan), mengamati
(observasi) dan merefleksikan tindakan secara sikluistik, kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan
memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar
siswa.
} Terdapat beberapa jenis penelitian
tindakan, dua diantaranya adalah penelitian tindakan perorangan (individual
action research) dan penelitian tindakan kelompok (collaborative action
research). Penelitian tindakan termasuk penelitian kualitatif meskipun data
yang dikumpulkan dapat bersifat kuantitatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar