PENGALAMAN ADALAH SESUATU HAL YANG SANGAT BERHARGA

Jumat, 22 Maret 2013

PRINSIP DAN KARAKTERISTIK PTK



PRINSIP-PRINSIP PTK

}  Berkelanjutan. PTK merupakan penelitian berkelanjutan secara siklustis.
}  Integral. PTK merupakan bagian integral dari konteks yang diteliti.
}  Ilmiah. Diagnosis masalah berdasar pada kejadian nyata.
}  Motivasi dari dalam. Motivasi untuk memperbaiki kualitas harus tumbuh dari dalam.
}  Lingkup. Masalah tidak dibatasi pada masalah pembelajaran di dalam dan di luar ruang kelas. 

KARAKTERISTIK PTK

}  PTK bersifat situasional, yaitu berkaitan dengan upaya mendiagnosis masalah dalam konteks tertentu, yaitu di kelas dalam sekolah dan berupaya menyelesaikannya dalam konteks tersebut.

}  PTK merupakan upaya kolaboratif antara guru dan siswanya, yaitu satu satuan kerja sama dengan perspektif berbeda, bisa juga antara guru dan kepala sekolah.

}  PTK bersifat self evaluative yaitu kegiatan modifikasi praktis yang dilakukan secara kontinu, dievalusi dalam situasi yang terus berjalan, dengan tujuan ahirnya ialah untuk perbaikan dan peningkatan dalam praktek nyatanya.

}  PTK bersifat luwes dan menyesuaikan, artinya prosedur PTK disesuaikan untuk bekerja di kelas.

}  PTK memanfaatkan data pengamatan dan perilaku empiric. PTK menelaah ada tidaknya kemajuan. Sementara PTK dan proses pembelajaran terus berjalan, informasi-informasi dikumpulkan, diolah didiskusikan dan direleksikan.

}  Keketatan ilmiah PTK agak longgar. PTK merupakan antithesis dari desain penelitian eksperimental yang sebenarnya, sifat sasarannya situaional-spesifik, tujuannya pemecahan masalah praktis, sampel populasinya terbatas dan tidak representative, sehingga temuan-temuannya tidak dapat digeneralisasi.

PENGERTIAN PTK



}  Menurut Hopkins (1992), PTK atau classroom action research (CAR) merupakan salah satu jenis penelitian tindakan yang bersifat praktis, sebab penelitian ini menyangkut kegiatan yang dipraktekkan guru sehari-hari.

}  Ebbut (1985) menjelaskan bahwa PTK merupakan studi yang sistematis yang dilakukan dalam upaya memperbaiki praktek-praktek dalam pendidikan dengan tindakan praktis serta refleksi dari tindakan tersebut.

}  Kemmis dan McTaggart (1982) menggambarkan PTK sebagai suatu proses yang dinamis dari keempat aspek, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi harus dipahami sebagai momen-momen dalam bentuk spiral. 

}  Kurt Lewin menekankan pentingnya kolaborasi dan partisipasi yang bersifat demokratis dalam penelitian tindakan. Lebih lanjut dikatakan bahwa penelitian tindakan adalah penelitian yang merupakan suatu rangkaian langkah-langkah (a spiral of steps). Setiap langkah terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. 

}  McNiff (1992) memandang PTK sebagai bentuk penelitian reflektif yang dilakukan guru sendiri, yang hasilnya dapat dimanfaatan sebagai alat untuk mengembangkan kurikulum, pengembangan sekolah, pengembangan keahlian mengajar dan sebagainya. 

}  Berdasarkan beberapa definisi PTK di atas, dapat disimpulkan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan guru di kelasnya sendiri dengan cara merencanakan, melaksanakan (tindakan), mengamati (observasi) dan merefleksikan tindakan secara sikluistik,  kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

}  Terdapat beberapa jenis penelitian tindakan, dua diantaranya adalah penelitian tindakan perorangan (individual action research) dan penelitian tindakan kelompok (collaborative action research). Penelitian tindakan termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang dikumpulkan dapat bersifat kuantitatif.